Home » » Kemenristek Berhasil Ciptakan Vaksin Flu Burung

Kemenristek Berhasil Ciptakan Vaksin Flu Burung

Written By kabarsulawesi on Senin, 09 Juli 2012 | 06.01.00

Komnaswaspansulsel - Jakarta : Kementerian Negara Riset dan Teknologi telah menciptakan vaksin penangkal virus flu burung dan akan diproduksi secara massal oleh PT Bio Farma pada 2013.

"Kita bersyukur ini termasuk terobosan, bibit flu burung sudah ditemukan, tinggal dibiakkan dan akan diproduksi massal," kata Menteri Negara Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (5/7).

Saat memberikan keterangan kepada wartawan, Gusti mengatakan, vaksin flu burung sudah ditemukan dengan pengembangan bibit untuk nantinya dijadikan vaksin. Tidak hanya itu, vaksin lain untuk bayi dan anak Sekolah Dasar juga mulai diujicoba.

"Kita tahu bahwa setiap tahun minimal 5-7 juta vaksin untuk bayi diambil dari luar negeri tentunya uang kita habis, begitu juga vaksin anak usia sekolah belasan juta vaksin dipakai. Oleh karena itu kita terus meneliti sehingga bisa segera diproduksi di dalam negeri" ungkapnya.

Tidak hanya itu, kata pejabat kelahiran 1 September 1952 ini, telah membentuk konsorsium dan meneliti dalam pembuatan vaksin-vaksin untuk penanggulangan penyakit Hepatitis B dan C.

"Saya terus mengarahkan semuanya termasuk 7 UKM di bawah kordinasi Ristek. LIPI dan BATAN sudah banyak membantu ke daerah-daerah dan saya juga mengarahkan terus agar dibantu koridor-koridor serta kementerian lain agar tetap berkoordinasi," katanya.

Guru Besar Universitas Lambung Mangkurat ini menambahkan, apabila seluruh daerah di Indonesia bangkit dan melakukan gerakan serupa maka gerakan nasional juga akan terangkat dan kondisi indonesia akan lebih baik. (Ant)

http://nasional.tvonenews.tv/berita/view/58532/2012/07/05/kemenristek_berhasil_ciptakan_vaksin_flu_burung.tvOne
Share this article :

VISI DAN MISI

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KOMNAS WASPAN SULSEL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger