Home » » Menteri Minta Pemda Kerjasama dengan BUMN

Menteri Minta Pemda Kerjasama dengan BUMN

Written By Redaksi kabarsulawesi on Senin, 11 Oktober 2010 | 09.46.00



KOMNAS WASPAN : Menurut dia, dana CSR BUMN dapat diarahkan bagi menumbuhkan ekonomi rakyat di daerah. Fasilitas yang dimiliki BUMN itu berupa dana CSR, Dana Kemitraan, dan Bina Lingkungan yang dapat dimanfaatkan di daerah.

Menteri Minta Pemda Kerjasama dengan BUMN


Padang (ANTARA) - Menteri BUMN Mustafa Abubakar minta pemerintah daerah melakukan kerjasama dengan BUMN di daerah dalam mengarahkan penyaluran dana corporate social responsibility (CSR).

"Kami mohon kerjasama dengan gubernur, karena pemerintah daerah yang tahu dengan baik kebutuhan masyarakat di daerah," kata Mustafa di hadapan para pimpinan BUMN se Sumatera Barat (Sumbar), di Wisma Indarung PT Semen Padang, Minggu malam.

Menurut dia, dana CSR BUMN dapat diarahkan bagi menumbuhkan ekonomi rakyat di daerah. Fasilitas yang dimiliki BUMN itu berupa dana CSR, Dana Kemitraan, dan Bina Lingkungan yang dapat dimanfaatkan di daerah.

Dana tersebut bersumber dari pungutan 2 persen keuntungan BUMN. Dana tersebut dimanfaatkan untuk membina dan membantu 655 ribu nasabah, program pendampingan, dan bantuan pendidikan.
Agar penyaluran dana CSR bisa lebih baik, menteri mengimbau agar peran Forum Komunikasi BUMN dapat dimaksimalkan dalam bentuk sinergi.

Kepada para pejabat BUMN di Sumbar dia minta agar memahami fungsi BUMN antara lain sebagai soko guru negara yaitu sebagai tangannya pemerintah dalam menjalankan tugas-tugas bisnis, pengabdian, ekonomi sosial.

Selanjutnya BUMN sebagai pencetak keuntungan komersial membantu keuangan negara, menyumbang pajak dan deviden.

BUMN melaksanakan Public Service Obligation (PSO), seperti Bulog menyalurkan beras, Pertamina menyalurkan minyak, angkutan kereta api dengan ongkos murah, dan PLN yang menyediakan energi listrik.
Sementara fungsi lainnya menurut dia adalah sebagai fungsi penghela untuk badan-badan usaha yang membutuhkan bantuan seperti koperasi, UMKM dan sektor usaha lemah.

Hadir pada acara itu para pimpinan 46 BUMN perwakilan Sumbar, jajaran direksi dan komisaris PT Semen Padang.
Share this article :

VISI DAN MISI

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KOMNAS WASPAN SULSEL - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger